Baru - baru ini saya menemukan jurnal menarik dari Christopher Lovelock, seorang service marketing guru yang baru - baru ini meninggal feb 2008 ini berjudul "whither services marketing" (dapat di request jika tertarik or simply goggle it under "whither services marketing"). Jurnal ini mempersoalkan karakteristik dari service ( intangibility, heterogenity, inseparability, perishability disingkat IHIP) yang dinilai sudah usang dan tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia service saat ini.
Sebagai contoh, karakteristik intangibility yang selama ini selalu masuk dalam semua textbook yang membahas service marketing tanpa timbul perdebatan ( tidak juga dalam kuliah service management yang saya ikuti), dalam jurnal ini dipertanyakan apakah applicable serta valid untuk semua bidang jasa. Perkembangan automatisasi pada sektor jasa juga menjadi penyebab berkurangnya heterogenity (variability) dari output sehingga sekali lagi diperlukan sebuah pemikiran maupun cara pandang yang lebih fresh dan dapat diaplikasikan pada semua sektor jasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar